Jika Motivasi Menulis Sering Naik Turun, Bagaimana?

Semangat menulis naik turun merupakan hal biasa dalam dunia penulisan, khususnya dalam belajar menulis buku. Orang sering begitu bersemangat ketika di awal memulai sesuatu. Namun seiring waktu, perlahan motivasi menulis itu meluntur.

Bagaimana sebaiknya?

Berikut ini tipsnya…

1. Ingat kembali tujuan menulis anda

Apa tujuan anda menulis? Coba tenangkan diri anda. Lihat kembali tujuan anda melakukannya. Apa yang ingin anda capai dari menulis. Apakah sebuah tulisan bergizi untuk manusia Indonesia, apakah ajang ekspresi diri, apakah tujuan menulis anda untuk membantu orang lain meraih kehidupan yang lebih lebih baik? Atau apa?

Coba ingat lagi tujuan anda menulis. Perjelaslah tujuan tersebut. Tujuan tersebutlah yang akan membimbing anda untuk tetap kuat terus menulis.

2. Singkirkan Stress

Ketika motivasi anda menurun, mungkin saja anda sedang stres. Tekanan lingkungan sedang menghimpit anda. Dan itu sangat berpengaruh terhadap kondisi fisik dan mental anda.

Coba pikirkan baik-baik kondisi anda saat ini. Apakah stres yang anda alami ini berat atau ringan? Bila ringan, singkirkan agar anda bisa fokus pada goal anda! Jika masalahnya berat, selesaikan masalah itu, segera!

3. Sharing dengan teman satu minat

Saat semangat anda down, mungkin anda perlu berbagi (sharing) dengan teman anda yang sama-sama penulis. Anda bisa ngobrol dengan teman anda. Anda ceritakan masalah anda pada mereka. Mungkin mereka punya solusi yang bisa membuat semangat menulis anda kembali bangkit.

Bila melihat wajah teman anda yang satu minat itu, maka akan membuat anda semangat. Saya rasa anda pernah merasakannya..

4. Ikuti pelatihan menulis buku atau kursus menulis buku.

Mengikuti pelatihan menulis akan membuat Anda bersemangat karena Anda akan bertemu banyak orang yang satu minat dengan Anda dan juga akan bertemu dengan pengetahuan segar disana.

5. Minta Pada Yang Maha Kuat

Setiap persoalan pasti ada solusinya. Serahkan segalanya pada Allah SWT. Dekatkan diri anda pada-Nya. Perbanyak doa dan mintalah kekuatan padanya…

Terakhir…

Saat anda bangun di pagi hari, jika anda masih dalam kondisi yang kurang bersemangat.

Tanyakan pada diri anda. Sampai kapan aku kurang termotivasi seperti ini? Sementara di depan sana, ada tujuan yang harus kukejar. Bukan demi diriku, tapi demi orang yang aku cintai: Anak manusia. Aku harus bangkit! Bangkit! Bangkit!

Yes dan coba kepalkan tangan anda ke atas sambil meneriakkan kata-kata yang penuh semangat.

Jangan menyerah!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s