RPP EkonomI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah                       : SMP Negeri 1 Teras

Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Kelas / Semester          : VIII / 1

Alokasi Waktu            : 2 X 40 Menit

  1. Standar Kompetensi
    1. Memahami kegiatan pelaku ekonomi di masyarakat
    2.  Kompetensi Dasar
      1. Mendistribusikan pelaku ekonomi : rumah tangga, masyarakat, perusahaan, koperasi dan negara
      2. Indikator
        1. Mendeskripsikan Koperasi sebagai pelaku ekonomi
        2. Tujuan Pembelajaran
          1. Siswa dapat mendeskripsikan Koperasi sebagai pelaku ekonomi
          2. Materi ajar
            1. Koperasi sebagai pelaku ekonomi
            2. Metode Pembelajaran
              1. Ceramah
              2. Tanya jawab
              3. Langkah-langkah pembelajaran
No. Uraian kegiatan Pendidikan karakter yang dicapai Alokasi waktu
1. Kegiatan Awal1)  Memberi salam dan memulai pelajaran dengan membaca Basmalah.

2)  Presensi dengan focus pada siswa yang tidak masuk.

3)  Apersepsi, memberi pertanyaan seputar pelajaran yang lalu.

4)  Motivasi, memberikan informasi tentang tujuan mempelajari materi pelaku ekonomi

 

1)   Religius2)   Kedisiplinan

3)   Kreatif

4)   keingintahuan

10 Menit
2. Kegiatan IntiEksplorasi

1)  Guru menyampaikan secara singkat garis-garis besar yang akan diajarkan tentang materi pelaku ekonomi

1)   Kecerdasan2)   Kreatif

3)   Kemandirian

20 Menit
Elaborasi1)  Siswa memperhatikan  materi

Konfirmasi

1)   Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan materi

2)   Guru memfasilitasi siswa untuk memperoleh pengetahuan yang lebih dari materi

 

1)   Berpikir logis, kreatif.2)   Kecerdasan

3)   Bertanggung jawab, percaya diri

4)   Bertanggung jawab

1)   kecerdasan

2)   Keingintahuan

 

30 Menit10 Menit

 

3. Kegiatan Akhir1)  Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi.

2)  Guru memberikan tugas pada siswa

3)  Merencanakan materi berikutnya

4)  Berdoa

5)  Keluar kelas dengan tertib

1)    Bertanggungjawab, cerdas

2)    Kemandirian

3)    Keingintahuan

4)    Religius

5)    kedisiplinan

10 Menit
  1. Sumber dan Media Pembelajaran
  • Sumber

–          LKS Sejarah Optimis halaman 22-24

  1. Penilaian
    1. Aspek yang dinilai :
  • Penilaian kognitif           : Penialaian hasil belajar
  • Penilaian afektif             : Penilaian proses belajar
  1. Jenis tagihan                      : tugas pribadi
  2. Bentuk soal                       : Uraian

Teras,  September 2012

Mengetahui

Guru pamong                                                                          Guru Praktikan

Dra.Idawati Eko P.                                                                 Widi Rudini

NIP. 19680430 200501 2 003                                                            NIM. A. 210090200

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s