Rpp Sejarah

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah                       : SMP Negeri 1Teras

Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Kelas / Semester          : VIII / 1

Alokasi Waktu            : 2 X 40 Menit

  1. Standar Kompetensi
    1. Memahami proses kebangkitan Nasional
    2.  Kompetensi Dasar
      1. Menjelaskan proses perkembangan kolonialisme dan Imperialisme Barat serta pengaruh yang ditimbulkannya diberbagai daerah
      2. Indikator
        1. Mendeskripsikan Perang Patimura / Perang Maluku (1817)
        2. Mendeskripsikan Perang Diponegoro (1825-1830)
        3. Mendeskripsikan Perang Paderi (1821-1837)
        4. Mendeskripsikan Perang Bali (1846-1863)
        5. Mendeskripsikan Perang Banjar (1859-1863)
        6. Mendeskripsikan Perang Aceh (1873-1904)
        7. Mendeskripsikan Gerakan protes Petani
        8. Mendeskripsikan penyebaran Agama Nasrani di Indonesia
        9. Tujuan Pembelajaran
          1. Siswa dapat mendeskripsikan Perang Patimura / Perang Maluku (1817)
          2. Siswa dapat mendeskripsikan Perang Diponegoro (1825-1830)
          3. Siswa dapat mendeskripsikan Perang Paderi (1821-1837)
          4. Siswa dapat mendeskripsikan Perang Bali (1846-1863)
          5. Siswa dapat mendeskripsikan Perang Banjar (1859-1863)
          6. Siswa dapat mendeskripsikan Perang Aceh (1873-1904)
          7. Siswa dapat mendeskripsikan Gerakan protes Petani
          8. Siswa dapat mendeskripsikan penyebaran Agama Nasrani di Indonesia
          9. Materi ajar
            1. Perang Patimura / Perang Maluku (1817)
            2. Perang Diponegoro (1825-1830)
            3. Perang Paderi (1821-1837)
            4. Perang Bali (1846-1863)
            5. Perang Banjar (1859-1863)
            6. Perang Aceh (1873-1904)
            7. Gerakan protes Petani
            8. Penyebaran Agama Nasrani di Indonesia
            9. Metode Pembelajaran
              1. Ceramah bervariasi
              2. Diskusi
              3. Tanya jawab
              4. Langkah-langkah pembelajaran
No. Uraian kegiatan Pendidikan karakter yang dicapai Alokasi waktu
1. Kegiatan Awal1)  Memberi salam dan memulai pelajaran dengan membaca Basmalah.

2)  Presensi dengan focus pada siswa yang tidak masuk.

3)  Apersepsi, memberi pertanyaan seputar pelajaran yang lalu.

4)  Motivasi, memberikan informasi tentang tujuan mempelajari materi perlawanan rakyat indonesia terhadap pemerintahan kolonial belanda

 

1)   Religius2)   Kedisiplinan

3)   Kreatif

4)   keingintahuan

10 Menit
2. Kegiatan IntiEksplorasi

1)  Guru menyampaikan secara singkat garis-garis besar yang akan diajarkan tentang materi perlawanan rakyat indonesia terhadap pemerintahan kolonial belanda

2)  Siswa memahami mateeri yang ada pada LKS

3)  Siswa memahami materi-materi tersebut

1)   Kecerdasan2)   Kreatif

3)   Kemandirian

60 Menit
Elaborasi1)  Guru menyampaikan aturan Diskusi

2)  Guru membagi siswa menjadi 8 kelompok

3)  Guru memberikan tugas pada masing-masing kelompok

4)  Masing-masing kelompok menjelaskan materi sebagai berikut :

  • Kelompok 1 : menjelaskan Perang Patimura
  • Kelompok 2 : menjelaskan Perang Diponegoro
  • Kelompok 3 : menjelaskan Perang Paderi
  • Kelompok 4 : menjelaskan Perang Bali
  • Kelompok 5 : menjelaskan perang Banjar
  • Kelompok 6 : menjelaskan Perang Aceh
  • Kelompok 7 : menjelaskan Gerakan protes Petani
  • Kelompok 8 : menjelaskan Penyebaran Agama Nasrani di Indonesia

Konfirmasi

1)   Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan materi

2)   Guru memfasilitasi siswa untuk memperoleh pengetahuan yang lebih dari materi

 

1)   Berpikir logis, kreatif.2)   Kecerdasan

3)   Bertanggung jawab, percaya diri

4)   Bertanggung jawab

1)   kecerdasan

2)   Keingintahuan

 

 
3. Kegiatan Akhir1)  Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi.

2)  Guru memberikan saran kepada siswa

3)  Guru menyampaikan materi yang akan datang

4)  Guru menutup pelajaran dengan salam

1)    Bertanggungjawab, cerdas

2)    Kemandirian

3)    Keingintahuan

4)    Religius

5)    kedisiplinan

10    Menit
  1. Sumber dan Media Pembelajaran
  • Sumber dan Media Pembelajaran

-          LKS Sejarah Optimis halaman 22-24

-          Kliping Perlawanan Rakyat Indonesia Terhadap Pemerintah Kolonial Belanda

  1. Penilaian
  • Teknik penilaian:

1)        Tes tertulis

2)        Tes unjuk kerja

  • Bentuk instrumen :

1)        Tes uraian

2)        Tugas individu

  1. A.       Lembar Pengamatan Diskusi
No Nama siswa Aspek yang diamati jumlah
Inisiatif Keaktifan Kerjasama Presentasi Nilai

Petunjuk : Nilai maksimal tiap aspek  25 ( 25 x 4 = 100)

  1. B.  Lembar Penilaian Tugas

No

Nama siswa

Aspek yang dinilai

Jumlah

Katepatan waktu

Kerapihan pekerjaan

Esensi jawaban

Nilai

Petunjuk :        Katepatan waktu        : 10

Kerapihan pekerjaan   : 10

Esensi jawaban            : 80

Jumlah                         : 100

Teras,  September 2012

Mengetahui

Guru pamong                                                                          Guru Praktikan

Dra.Idawati Eko P.                                                                 Widi Rudini

NIP. 19680430 200501 2 003                                                            NIM. A. 210090200

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s